APLIKASI ASET DESA

  • Nov 19, 2017
  • javawonx
  • BERITA

APLIKASI ASET DESA

APLIKASI ASET DESA (Sistem Monitoring Aset Desa)

Bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 113 Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 47 tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, perlu menetapkan Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang Pengelolaan Aset Desa. Aset Desa adalah barang milik Desa yang berasal dari kekayaan asli milik Desa, dibeli atau diperoleh atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) atau perolehan Hak lainnya yang sah. Pengelolaan Aset Desa merupakan rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, pengamanan, pemeliharaan, penghapusan, pemindahtanganan, penatausahaan, pelaporan, penilaian, pembinaan, pengawasan dan pengendalian aset Desa. Jenis aset desa terdiri atas :
  1. Kekayaan asli desa;
  2. Kekayaan milik desa yang dibeli atau diperoleh atas beban APBDesa;
  3. Kekayaan desa yang diperoleh dari hibah dan sumbangan atau yang sejenis;
  4. Kekayaan desa yang diperoleh sebagai pelaksanaan dari perjanjian/kontrak dan/atau diperoleh berdasarkan ketentuan peraturan undang-undang;
  5. Hasil kerja sama desa; dan
  6. Kekayaan desa yang berasal dari perolehan lain yang sah.

Keunggulan & Fitur Sistem Monitoring Aset Desa

Keunggulan Sistem Monitoring Aset Desa  mencakup :
  1. Dengan menggunakan aplikasi aset desa, maka Buku Inventaris Aset Desa secara otomatis akan terbentuk berdasarkan periode tahun.
  2. Adanya fasilitas Data Query yang cepat, akurat dan valid.
  3. Dengan menggunakan aplikasi aset desa, maka pengguna sistem aplikasi dapat melakukan Rekapitulasi Daftar Mutasi Aset sesuai dengan kelompok Golongan Aset.
  4. Adanya fasilitas Tambahan File Gambar sebagai Bukti Aset Desa.
  5. Adanya fasilitas Penghapusan Data Aset.
Dibangun dengan prinsip kemudahan (user friendly), sistem aplikasi ini memberikan kemudahan dalam penginputan dan pengolahan segala Data Aset Desa. Adapun Fitur aplikasi aset desa meliputi :
  1. Menggunakan Database MySQl;
  2. Menggunakan PHP Open Source yang dapat dikembangkan secara mudah;
  3. Dapat bekerja pada jaringan LAN (Local Area Network);
  4. Dapat bekerja pada jaringan Internet;
  5. Memiliki Data Backup;
  6. Mampu terintegrasi Online
Aplikasi ini menggunakal localhost jadi membutuhkan xamp untuk bisa menjalankannya Aplikasi bisa di download disini aplikasi xampp bisa di download disini