Sejarah Desa

Desa Luwunggede adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah. Desa Luwunggede terdiri dari beberapa Pedukuhan yaitu Pedukuhan Lumalang dan Bulakamba

 

Sejarah Desa

Pada sekitar tahun 1800-an datang seorang laki-laki keturunan wali yang berasal dari sumedang yang bernama siti (pendiri luwunggede) datang disekitar daerah jalawastu dibawah gunung kumbang. Kemudian beliau bertemu dengan seorang wanita yang bernama nasikem mereka akhirnya menikah, nasikem ini seorang yatim piatu. Setelah menikah mereka berkelana dan sampailah mereka dihutan yang sangat luas,.

Ketika pergi dari jalawastu ke hutan yangl uas itu mereka diiringi oleh beberapa macam jenis binatang seperti kura kura , harimau, dan sebagainya. Sesampainya merka di hutan itu mereka menebang pepohonan yang ada disitu, utuk digunakan sebagai gubug temapat tinggal mereka nantinya.

Selama menebangi hutan yang luas ini beliau tidak bekerja sendirian tapi dibantu pekerja dari pemalang dan comal yang terdiri dari ratusan orang. Buyut siti mempunyai 3 lumbung padi dan satu diantaranya ini tak pernah habis walaupun selalu diambil untuk memberi makan para penebang hutan dan membayar mereka sekalipun. Lumbung padi ini disebut atau dinamapak lumbung cilaradenok. Selama beberapa bulan selesai penebangan yang luas ini jadilah sebuah desa yang kemudian dinamakan desa luwunggede.

Desa luwuggede yang berasal dari kata luwung artinya alas atau hutan dan gede artinya luas,  Jadi luwungede adalah hutan yang luas.

copyright Pemerintah Desa Luwunggede @2018