Restarikan Tradisi Sedekah Bumi

Ratusan warga,desa luwunggede, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes memiliki tradisi unik dalam mengekspresikan rasa syukur kepada sang pencipta, yaitu Sedekah Bumi.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, pada Sabtu (10/10/2018) dan Minggu (11/10/2018). Acara dihadiri ratusan warga dan perangkat desa. Sedekah Bumi ini juga dibarengi dengan pengajian dan santunan anak yatim.

Menurut warga, Sedekah Bumi merupakan ungkapan rasa syukur atas pemberian keselamatan dan rejeki yang berlimpah setahun yang lalu. Warga berharap rejeki di tahun mendatang semakin bertambah, dan dijahkan dari mara bahaya.

Wakil Bupati ,Narjo, SH yang turut hadir dalam acara tersebut mengungkapkan, tradisi sedekah bumi ini merupakan kearifan lokal warga Brebes sehingga harus dijaga.

Ini warisan sejarah yang harus dilestarikan, jangan sampai lupa. Dan perayaan ini adalah wujud dari cara menjaganya, sehingga generasi muda sekarang juga harus paham.

“Sebagai orang Jawa kita jangan sampai lupa asal usul kita. Karena orang jawa itu, menghormati tradisi dan nenek moyang sehingga acara ini diselenggarakan oleh masyarakat,” ungkapnya enggin Kades Luwunggede.

“Sedekah artinya kita sedakoh dan bumi adalah tempat kita ber pijak dan segala hasil dari bumi kita menikmati ujar enggin dalam sambutannya.

Updated: November 13, 2018 — 6:06 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

copyright Pemerintah Desa Luwunggede @2018